Masjid Agung Ats Tsauroh Di Serang, Banten

Kubah Masjid – Keindahan Masjid Agung Ats-Tsauroh ini tidak dapat dipungkiri lagi. Dulunya Masjid Agung Ats Tsauroh  ini bernama Masjid Pegantungan, masjid ini adalah salah satu masjid tua di kota Serang, Banten. Pembangunan Masjid Agung Ats Tsauroh dilakukan pada era Bupati Pandeglang, Rd. Tumenggung Basudin Tjondronegoro antara tahun 1870-1888. Masjid Agung Ats Tsauroh artinya adalah perjuangan, nama ini disematkan pada masjid ini tepatnya pada tahun 1974.

 

Untuk renovasi Masjid Agung Ats Tsauroh sudah dilakukan beberapa kali hingga ke bentuk seperti sekarang ini. Bangunan Masjid Agung Ats Tsauroh ini memiliki ciri khas bangunan tradisi Pulau Jawa, yaitu berbentuk atap limas tumpeng tiga dan bentuk ruang dengan konsep pendopo terbuka, seperti rumah – rumah joglo pada umumnya. Tujuan dibuatnya Masjid Agung Ats Tsauroh dengan konsep terbuka adalah untuk menciptakan kesan ramah dan bersahaja bagi masyarkat atau para jamaah.

 

Limasan tumpeng tiga yang dibuat mengambil arti filosofi yakni iman, Islam, dan ihsan. Dan pada bagian atas juga ada memolo dari keramik tanah liat terakota dengan bentuk angsa.

 

Keindahan ruangan di dalam masjid ini dibentuk oleh tiang penyangga yang membentuk kolom-kolom. Terdapat ada enam belas tiang – tiang penyangga di dalam masjid ini, empat di antaranya merupakan tiang utama penyangga limasan tertinggi. Dalam tradisi Jawa, keempat tiang tersebut merupakan soko guru. Di seluruh pangkal tiang – tiang penyangga terdapat bentuk labu yang merupakan simbol kesuburan daerah Banten.

 

Yang membedakan tiang soko guru dengan tiang lain adalah sabuk dari tembaga. Sabuk di tiang depan kiri bertuliskan “Doa merupakan tali ibadah”, sementara di tiang depan kanan bertuliskan “Sabar merupakan bagian dari iman”. Di sabuk tiang belakang kiri terukir “Kebersihan merupakan bagian dari iman” dan di tiang belakang kanan tertoreh kalimat “Shalat merupakan bahagian dari iman”. Keseluruhan tulisan adalah arti huruf Arab yang digunakan.

Baca juga : Jasa Desain Terbaik Mimbar Masjid Di Sidoarjo

Di bagian depan, mihrab dihiasi lukisan kaligrafi dan aksen geometris khas Islam dengan warna yang cenderung cerah. Di sisi mihrab terdapat mimbar dengan atap yang dipengaruhi gaya Cina.

 

Masjid juga dilengkapi menara yang baru dibangun pada renovasi tahun 1956. Bentuk menara heksagonal dengan tiga undakan tengah dan atap yang terdiri dari dua limasan dan memolo. Menara berfungsi sebagai tempat meletakkan pengeras suara untuk menyiarkan kumandang azan.

 

Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga digunakan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial. Untuk itu, masjid dilengkapi fasilitas seperti balai kesehatan, pelayanan baitul maal wat tamwil sebagai wujud pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis syariah, serta sarana-sarana pembinaan remaja masjid.

 

Saat sekarang ini Masjid Agung Ats Tsauroh lebih dikenal dengan dengan nama Masjid Agung Serang. Masjid ini juga menjadi simbol kerukunan umat beragama di Kota Serang, Banten khususnya. Masjid Agung Serang ini letaknya berada diantara tiga tempat ibadah lainnya yaitu Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Gereja Bethel Indonesia, Serang di sisi belakang masjid, serta Gereja Katolik Kristus Raja tepat di depan masjid. Oleh karena keberadaanya inilah banyak masyarakat yang menyebut masjid ini sebagai simbol keberagaman umat beragama.

 

CV Micro 2000 adalah Kontraktor Pekerjaan Kubah Masjid yang sudah teruji dan berpengalaman. Kami memilih specialis pembangunan Masjid khususnya Kubah Masjid dengan bahan panel, enamel. Silahkan hubungi kami:
Alamat : Jln Jeruk No 50 B, Wage – Sidoarjo
Tlp : 081 83 81 781
Contak Person : Ir. Faizal Muzamil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.