Jasa Desain Terbaik Mimbar Masjid Di Sidoarjo

Kubah Masjid – Kami adalah penyedia jasa pembuatan kubah masjid, mimbar masjid dan juga waktu sholat terbaik di kota Sidoarjo. Untuk desain mimbar masjid sendiri kami sudah banyak dipercaya oleh masjid-masjid di sekitaran tempat kami yakni Sidoarjo.

 

Mimbar berasal dari akar kata bahasa Arab yang artinya adalah “menaikkan atau meninggikan”. Jika ditarik kedalam bahas Indonesia mimbar bisa diartikan sebagai panggung yang letaknya di dalam masjid dan fungsinya adalah untuk tempat duduk imam/penceramah memberikan ceramah kepada para jamaah.

 

Seperti yang biasa kita lihat di masjid letak dari mimbar adalah berada di sebuah ruang yang menjorok di dinding masjid yang mengarah kea rah kiblat, ini juga menandakan kemana arah kiblat. Sebuah mimbar biasanya mempunyai tempat duduk setelah menaiki anak tangga untuk mencapainya.

 

Di zaman Rasullullah SAW mimbar adalah sebuah gundukan/ tumpukan yang menjadi tempat duduk bagi Rasulullah SAW pada saat hendak memberikan ilmu kepada para sahabat. Pada masa itu sewaktu Rasulullah SAW ingin berkhutbah, beliau melakukannya dengan berdiri dan tak jarang waktu Rasulullah memberikan khutbah lama, sehingga hal ini dianggap berat bagi para sahabat. Barulah para sahabat meletakkan batang pohon kurma disamping tempat berliau berkhutbah, tujuan hal ini dilakukan ialah untuk memberikan sandaran kepada Rasulullah SAW dalam memberikan khutbah.

Baca juga : Buya Hamka Dan Masjid Batu Merah Ambon

Selama berceramah dengan disamping Rasulullah SAW ada pohon kurma, seseorang sahabat melihat hal itu sebagai kurang layak dan kemudian beliau membuat ide untuk membuat sebuah tempat yang dianggap lebih memberikan rasa nyaman kepada Rasulullah SAW saat memberikan khutbah. Dia berucap ingin membuatkan sebuah mimbar untuk Rasulullah SAW ketika memberikan khutbah, nah dari ucapan itulah kata mimbar menjadi awal munculnya nama itu. Dimimbar yang beliau buatkan, ia mendesain agar saat ceramah Rasulullah SAW bisa duduk bersandar lebih nyaman.

 

Untuk keterangan posisi letak mimbar, Nabi Muhammad SAW tidak memberikan kewajiban letaknya. Namun rata – rata masjid selalu membuat letak mimbar masjid mengikuti apa yang telah diperbuat pada zaman Nabi Muhammad SAW. Jadi untuk letak posisi mimbar tidak ada hukum wajib untuk hal ini.

 

Seorang ulama Syaikh Athiyah Shaqr – mufti mesir – menjelaskan, bahwa tidak ada dalil naqli untuk posisi wajib letak mimbar harus di sebelah kanan tempat imam memimpin shalat. Jadi yang paling penting adalah adanya ruang untuk peletakan mimbar di dalam masjid yang fungsinya untuk tempat imam/ khatib memberikan ilmu / khutbah kepada para jamaah.

 

Keberadaan mimbar ini sejatinya sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW, tepatnya hal ini terjadi ketika pembangunan masjid di kota Madinah yakni Masjid Nabawi. Dimasa ini mimbar terbuat dari bahan dan desain yang sederhana. Namun semakin berkembangnya arsitek atau desain dari zaman ke zaman sehingga saat ini kita bisa melihat indahnya mimbar – mimbar masjid. Di Indonesia sendiri mimbar masjid menjadi karya seni ukir yang sangat indah dan juga bisa menjadi profesi yang menjadikan untuk para pengrajin seni kayu di Indonesia. Semoga ulasan tentang mimbar masjid ini bisa menambah wawasan kita bersama.

 

CV Micro 2000 adalah Kontraktor Pekerjaan Kubah Masjid yang sudah teruji dan berpengalaman. Kami memilih specialis pembangunan Masjid khususnya Kubah Masjid dengan bahan panel, enamel. Silahkan hubungi kami:
Alamat : Jln Jeruk No 50 B, Wage – Sidoarjo
Tlp : 081 83 81 781
Contak Person : Ir. Faizal Muzamil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.