Masjid Warna-Warni di Kawasan Bandara Soekarno Hatta

Kubah Masjid – Masjid ini bernama Masjid Al Furqon yang letaknya dekat kawasan Bandara Internasional Soekarno Hatta, di dalam Masjid Al Furqon ini terasa sangat modern akan fasilitasnya. Tak heran banyak mengundang minat umat Islam khususnya di dekat kawasan masjid untuk beribadah disini. Bangunan klasik masjid warna – warni ini mengadopsi desain arsitek dari Eropa Timur klasik.

 

Untuk kubah daripada Masjid Al Furqon ini memiliki ciri yang khas yakni berbentuk ulir yang mengerucut ke atas dengan warna yang terang menyala, sehingga bisa menjadi daya tarik bagi siapa saja yang melintasi jalan raya Bandara Soekarno-Hatta menuju terminal penumpang.

 

Untuk keberadaan masjid di sekitaran Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Masjid Al Furqon bukanlah satu –  satunya masjid yang ada di sana. Jika dihitung terdapat ada tujuh masjid lainnya yang terletak di kawasan bandara. Tapi karena ciri bangunannya yang khas dan mencolok, sehingga , Masjid Al- Furqan yang maknanya adalah pembeda, maksudnya Islam dan Al-Quran adalah pembeda dari ajaran dan kitab-kitab sebelumnya. Oleh karena itulah Masjid Al Furqon ini menjadi sangat pas berada disana dan dengan nama yang pas pula memang sangat tampak berbeda dari masjid yang lain disekitaran kawasan bandara.

Baca juga : Masjid Agung Ats Tsauroh Di Serang, Banten

Masjid Al Furqon ini terdiri dari dua lantai dan letaknya berada tepat di Area Cargo Bandara Soekarno-Hatta. Masjid ini memiliki bangunan sangat megah  dan tampak indah sebab di sekelilingnya terdapat taman dan kolam yang indah, hijau, dan asri. Arsitek masjid ini tampaknya sudah memikirkan dengan sangat matang untuk desain dari bangunan Masjid Al Furqon ini. Memili kubah dengan desain yang unik juga dilengkapi dengan warna – warna cerah. Untuk bagian depan Masjid Al Furqon dan bangunan utama serta untuk setiap tiang penyangga masjid  dipenuhi kaligrafi – kaligrafi indah dan besar .

 

Untuk bentuk dasar dari Masjid Al-Furqan sendiri adalah persegi dan memiliki empat buah menara  yang berwarna dominan kuning hijau untuk setiap sudutnya. Untuk bangunan utama masjid ini memiliki warna kuning dan hijau yang semakin memberi kesan rindang dan asri sebab ditumbuhi pepohonan di sekelilingnya.

 

Kubah masjid yang berulir bagai kulit bawang dengan warna menyala mengingatkan pada bentuk kubah Katedral St. Basil di Moskow, Rusia. Keunikan kubah ini membuat sebagian jamaah menjulukinya sebagai Masjid Lllipop atau Masjid Es Krim. Sementara yang lain menyebutnya Masjid Aladdin karena bangunan masjid layaknya bangunan dari negeri dongeng 1.001 malam.

 

Masuk ke dalam bangunan utama masjid, di beberapa bagian dinding tampak kaligrafi surat-surat Al-Quran. Bahkan, bentuk kaligrafi di lekukan dalam kubah menyerupai kitab suci Al- Quran. Ada delapan buah kaligrafi kitab suci, masing-masing berukuran 3 x 4 m, bertuliskan surat Yaasiin.

 

Untuk teras masjidpun terkadang sering  juga digunakan sebagai ruang shalat karena padatnya jumlah jamaah yang shalat di masjid ini, tiang masjid indah dengan dihiasi kaligrafi nan cantik. Tiang-tiang penyangga itu menopang atap permanen teras masjid sehingga meski di luar sedang panas terik, suasana teras itu tetap sejuk.

 

Begitu indah dan strategisnya masjid ini berdiri, selain fungsi utamanya untuk beribadah tak sedikit juga wisatawan lokal maupun non lokal menjadikan masjid ini untuk spot-spot foto mereka.

CV Micro 2000 adalah Kontraktor Pekerjaan Kubah Masjid yang sudah teruji dan berpengalaman. Kami memilih specialis pembangunan Masjid khususnya Kubah Masjid dengan bahan panel, enamel. Silahkan hubungi kami:
Alamat : Jln Jeruk No 50 B, Wage – Sidoarjo
Tlp : 081 83 81 781
Contak Person : Ir. Faizal Muzamil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.