Home Artikel Masjid Jami As Sa’adah Nan Megah Di Komplek Nan Indah

Masjid Jami As Sa’adah Nan Megah Di Komplek Nan Indah

0
Masjid Jami As Sa’adah Nan Megah Di Komplek Nan Indah

Kubah Masjid – Masjid As Sa’adah begitulah masyarakat pada umumnya mengenal nama masjid nan indah yang terletak di dalam kompleks wisata ini. Sudah sejak lama masjid ini dikenal sebagai destinasi wisata religi yang wajib dikunjungi jika sudah datang ke kota Subang, Provinsi Jawa Barat. Di daerah sekitaran masjid ini juga banyak terdapat penginapan – penginapan yang mendukung para wisatawan untuk tempat tinggal saat berkunjung ke daerah ini.

 

Resort Lembah Sarimas adalah salah satu dari sekian banyaknya penginapan yang ada di daerah sekitaran masjid ini. Meski terkadang, untuk sarana prasarana sebuah penginapan belum bisa dikatakan lengkap dan memadai, namun tak sedikit setiap akhir pekan ada saja wisatawan lokal yang berkunjung ke masjid ini dengan memanfaatkan penginapan – penginapan yang ada di sana.

 

Resort Lembah Sarimas melengkapi fasilitasnya dengan sebuah masjid megah di dalam kompleksnya. Masjid tersebut diberi nama Masjid Jami As- Sa’adah, diambil dari nama pemrakarsanya, yakni almarhumah Hj. Elizabeth Sa’adah.

 

Berada di dalam kompleks resort tidak membuat masjid ini menjadi eksklusif. Masjid ini terbuka bagi masyarakat umum, bahkan dalam perkembangannya menjelma menjadi sentral pengembangan syiar Islam di wilayah Ciater. Memang begitulah harapan awal berdirinya masjid ini di sebuah komplek nan megah itu.

Baca juga : Jasa Pembuatan Kubah Masjid Enamel di Palu Terbaik dan Murah

Konsep Resort Lembah Sarimas memang berbeda dari kebanyakan penginapan. Selain menyediakan berbagai fasilitas terkait fungsi penginapannya, di dalam kompleks resort juga terdapat sarana pendidikan berupa Kubah Biru Community College yang berdampingan dengan masjid.

 

Untuk kubah pada Masjid As Sa’adah ini sendiri dilapisi oleh keramik berwarna biru dengan aksen diagonal yang membentuk mozaik indah dan menjadikan ikon tersendiri untuk kompleks ini. Bentuk mozaik kubah melambangkan kesetaraan, keserasian, dan kesatuan dalam pola pandang dan pola pikir lembaga. Adapun jendela di bagian bawah tubuh kubah dimaknai sebagai kesatuan beberapa pemikiran. Garis- garis biru yang saling bersilang dari bagian atas jendela menuju puncak melambangkan suatu kesatuan pemikiran yang bermuara di satu titik, yakni Allah Swt.

 

Warna biru tua dan kuning yang mendominasi kubah dan pucuk menara mengandung arti kerja sama, cerdas, bersemangat untuk maju, dan mempunyai toleransi tinggi ke arah yang lebih baik. Selain kubah, masjid pun memiliki keunikan pada bentuk lancip empat pucuk menara. Bentuk dan pewarnaan menara serta kubah ini mengingatkan pada bentuk masjid bersejarah di Rusia, yakni Masjid Kul Sharif.

 

Masjid ini selalu aktif dalam melaksanakan kegiatan keagamaan baik berupa hari besar agama Islam maupun pengajian – pengajian untuk menambah ilmu agama para jamaah di sekitaran masjid ini. Masjid ini juga terkenal sebagai salah satu tempat syiar Islam di daerah Ciater , Subang ini. Unutk setiap bulab Ramadhan, pengelola resort selalu memaksimalkan keberadaan Masjid As Sa’adah ini yakni  dengan membuat paket wisata religi saat bulan Ramadhan, hal – hal yang biasa dilakukan selama bulan Ramadhan ini antara lain terdiri dari i’tikaf, ceramah, dan pendampingan rohani. Sebuah terobosan dalam konsep wisata religi yang patut diapresiasi. Sehingga dapat meningkatkan kualitas iman dan islam saat bulan Ramadhan.

 

CV Micro 2000 adalah Kontraktor Pekerjaan Kubah Masjid yang sudah teruji dan berpengalaman. Kami memilih specialis pembangunan Masjid khususnya Kubah Masjid dengan bahan panel, enamel. Silahkan hubungi kami:
Alamat : Jln Jeruk No 50 B, Wage – Sidoarjo
Tlp : 081 83 81 781
Contak Person : Ir. Faizal Muzamil