Home Artikel Masjid Pusat Dakwah IslamYang Terkenal di Jawa Barat

Masjid Pusat Dakwah IslamYang Terkenal di Jawa Barat

0
Masjid Pusat Dakwah IslamYang Terkenal di Jawa Barat

Kubah Masjid – Dinamakan dengan sebutan Masjid Pusat Dakwah Islam(Pusdai)  dan terletak di Provinsi Jawa Barat, adalah satu dari sekian banyak  pusat peradaban Islam yang masih berjaya  di Indonesia hingga saat ini. Awal mula munculnya gagasan untuk membangun Masjid Pusat Dakwah Islam(Pusdai)  adalah pada tahun 1977-1978, tetapi kenyataannya pembangunan masjid barulah dimulai pada tahun 1992. Lama ditunda proses pembangunan masjid ini dari waktu awal hingga ke tahun 1992 adalah disebabkan oleh masalah pembebasan lahan yang akhirnya bisa diselesaikan dalam kurun waktu 10 tahun.

 

Masjid Pusat Dakwah Islam(Pusdai)  sama seperti kebanyakan pusat – pusat Islamic Center di kota lainnya, memiliki khas tersendiri  yang menjadikan hal ini terasa beda dari yang lainnya. Dimana yang sering kita jumpai Islamic Center biasanya menjadi satu kompleks sarana prasarana dan masjid adalah sebagai salah satu fasilitas di dalamnya. Berbeda dengan Islamic Center yang lain, di masjid  Pusdai  ini justru merupakan bangunan utama yang memiliki banyak ruang dengan fungsi berbeda-beda sesuai dengan kegiatan dakwah Islam.  Nah inilah yang menjadi acuan kenapa dinamakan masjid ini dengan sebutan Masjid Pusat Dakwah Islam(Pusdai) .

 

Terdapat berbagai fasilitas di dalam Masjid Pusat Dakwah Islam(Pusdai)  , antara lain yaitu adanya ruang seminar, yang dinamakan “Gedung Bale Asri” pada umumnya biasa digunakan untuk kegiatan pernikahan atau sejenis pesta lainnya dan serta acara- acara hari besar agama Islam. Adapun daya tampung dari ruang seminar ini adalah bisa menampung  hingga dua ribu orang, ruang pameran mushaf sundawi, perkantoran, perpustakaan, lembaga bahasa, dan klinik.

 

Salah satu keistimewaan Masjid Pusdai adalah adanya mushaf sundawi, yakni kitab suci Al-Quran yang ornamen dan iluminasinya berasal dari motif islami asli Jawa Barat, seperti memolo masjid, motif batik, mihrab, dan artefak lainnya. Motif ini diperkaya dengan ragam flora khas Jawa Barat, seperti gandaria dan patrakomala.

Baca juga : Jasa Pembuatan Kubah Masjid di Medan Dengan Biaya Murah

Secara keseluruhan, bangunan masjid tampil mengesankan dengan konsep modern minimalis yang dipadu bentuk dasar khas Sunda. Konsep ini dapat dilihat dari bentuk dasar bangunan yang banyak menggunakan elemen bentuk kubus dengan lengkungan sebagai aksen hias. Demikian juga dengan menara berbentuk kotak beraksen hias pola relief garis lurus vertikal.

 

Dengan menggunakan karya khas untuk bangunan arsitektur Jawa Barat masjid ini pun dapat memberikan pengenalan kepada masyarakat lokal maupun non lokal bahwa masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur khas dari Jawa Barat. Yakni terlihat dari segi bentuk atap masjid yang  tidak menggunakan kubah bulat tetapi kubah berbentuk limasan bertumpuk. Kemudian hal lain yang dapat menimbulkan khas bangunan Jawa Barat pada masjid ini adalah tampak pada mihrab masjid juga pada mimbar masjid menggunakan bahan dari kayu jati berukir.

 

Di dalam Masjid Pusat Dakwah Islam(Pusdai)  ini terdapat beragam aktivitas dakwah yang hampir tidak pernah putus waktunya. Saat ini dengan aktivitas dakwah yang berjalan terus menerus di Masjid Pusat Dakwah Islam(Pusdai)  ini maka tak heran masjid ini dinobatkan sebagai ikon religi di Provinsi Jawa Barat yang mayoritas penduduknya juga memeluk agama Islam.

 

CV Micro 2000 adalah Kontraktor Pekerjaan Kubah Masjid yang sudah teruji dan berpengalaman. Kami memilih specialis pembangunan Masjid khususnya Kubah Masjid dengan bahan panel, enamel. Silahkan hubungi kami:
Alamat : Jln Jeruk No 50 B, Wage – Sidoarjo
Tlp : 081 83 81 781
Contak Person : Ir. Faizal Muzamil