Home Artikel Masjid Istiqlal Hadiah Dari Indonesia Untuk Negara Bosnia

Masjid Istiqlal Hadiah Dari Indonesia Untuk Negara Bosnia

0
Masjid Istiqlal Hadiah Dari Indonesia Untuk Negara Bosnia

Kubah Masjid – Ada sebuah masjid yang dihadiahkan oleh Indonesia pada zaman Presiden Soeharto unutk hadiah kemerdekaan negara Bosnia. Nama masjid itu adalah Masjid Istiklal. Dipilhkan nama itu karena nama “istiklal” atau “istiqlal” ini yang artinya adalah “kemerdekaan” dalam bahasa Arab, hal ini juga dimaksudkan untuk memperingati kemerdekaan Bosnia dan Herzegovina. Masjid itu juga dikenal sebagai “Masjid Indonesia” atau “Masjid Suharto”, sebagai penghormatan kepada penggagas pembangunan masjid.

Selama 32 tahun menjabat sebagai presiden banyak cerita yang di buat dimasa kepemimpinan beliau untuk negara Indonesia ini. Baik dari kisah – kisah dari dalam negeri maupun cerita unik untuk negara luar, salah satunya adalah negara Bosnia dan Herzegovina.

Pada tahun 1995 lalu, Soeharto pergi ke Bosnia untuk menengahi konflik di negara Bosnia dan Serbia. Keberangkatan Soeharto dinilai berisiko oleh berbagai kalangan, sebab sang presiden datang ke sana di tengah perang yang berkecamuk.

Selain menengahi konflik, kedatangan Soeharto ke Bosnia- Herzegovina juga sebagai wujud dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Bosnia- Herzegovina.

Saat bertamu ke sana, Soeharto mempertimbangkan membangun masjid sebagai hadiah bagi rakyat Bosnia yang sedang berperang. Lalu, Presiden Soeharto menunjuk arsitek bernama Fauzan Noe’man yang juga pernah mengarsiteki masjid At-Tin di Indonesia untuk mendesain masjid yang akan dibangun di Bosnia.

Hingga akhirnya, masjid Soeharto dibangun dan selesai pada tahun 2001. Masjid tersebut kemudian bernama Istiklal Dzamija atau dalam bahasa Indonesia berarti masjid istiqlal.

Masjid ini diolah dari berbagai sumber dana yang baik. Mari kita simak bersama desain dan fakta menarik dari masjid indah ini.

1. Dibangun dari Dana Hasil Sumbangan Rakyat Indonesia
Masjid yang berada di Sarajevo, ibu kota negara Bosnia, ternyata dibangun dari dana hasil sumbangan rakyat Indonesia. Penggalangan dana pun dikoordinir langsung oleh Majelis Ulama Indonesia.

2. Simbol Persahabatan
Melansir laman arrahmah.id, masjid Soeharto atau Istiklal Dzamija dibangun sebagai simbol persahabatan Indonesia dengan Bosnia.

Apalagi pada saat itu, Bosnia tengah berperang dan sebagian besar masyarakatnya beragama Islam.

3. Banyak Elemen Khas Indonesia
Mengutip laman kompas.com, sejumlah elemen masjid mewakili negara Indonesia. Semisal pintu masjid yang terbuat dari kayu jati asli dari Jepara. Tak main-main, pintu kayu tersebut dibawa menggunakan kapal dari tanah air ke Bosnia.

Kemudian mihrab masjid yang ternyata pemberian dari Presiden ke-3 Indonesia BJ. Habibie.Mihrab ini juga acap digunakan saat imam berceramah atau berkhotbah. Terakhir ada mushaf atau beberapa kitab di dalam masjid yang juga berasal dari Indonesia.

4. Luas Masjid
Istiklal Dzamija menurut laman arrahmah.id mempunyai luas 2.800 meter persegi.

Dengan ukuran tersebut, bagian dalam masjid bisa menampung 3.000 jemaah, jika menggunakan area luar, jumlah jemaah bisa lebih dari 3.000.

Baca juga : Masjid Masjid Dr. H. Moeldoko Amalan Akhirat Sang Jenderal

5. Desain Masjid Secara Umum
Untuk desain bangunan masjid ini sendiri terinspirasi dari bangunana-bangunan masjid di Indonesia pada umumnya. Hal-hal yang mirip dari bangunan masjid ini dengan bangunan masjid di Indonesia antara lain, terletak pada kubah masjid yang berbentuk setengah bundar dan diapit oleh dua buah menara. Sehingga semakin memberikan kesan menarik pada masjid ini daripada masjid – masjid khas bangunan di sana.

 

CV Micro 2000 adalah Kontraktor Pekerjaan Kubah Masjid yang sudah teruji dan berpengalaman. Kami memilih specialis pembangunan Masjid khususnya Kubah Masjid dengan bahan panel, enamel. Silahkan hubungi kami:
Alamat : Jln Jeruk No 50 B, Wage – Sidoarjo
Tlp : 081 83 81 781
Contak Person : Ir. Faizal Muzamil