Home Artikel Masjid Al Akbar Surabaya Kedua Terbesar di Indonesia

Masjid Al Akbar Surabaya Kedua Terbesar di Indonesia

0
Masjid Al Akbar Surabaya Kedua Terbesar di Indonesia

Kubah Masjid – Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia dan menempati masjid terbesar ke dua di Indonesia, serta hampir sejajar dengan Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) itulah nama dari masjid ini, sejak dahulu bediri sudah menjadi pilar penting dalam aktivitas sosial dikawasan masjid khususnya dan juga daerah-daerah sekitar masjid. Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) ini berada di wilayah Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya dan tepat di samping Jalan Tol Surabaya-Gempol.

 

Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) ini berdiri di atas luas tanah 11,2 hektar dan awal pembangunan Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) ini dimulai pada tanggal 04 Agustus 1995. Untuk pelatakan batu pertama pada masjid ini dilakukan oleh Wakil Presiden Indonesia pada masa itu yakni Try Sutrisno. Kemudian berlangsunglah pembangunan sejak saat itu hingga akhirnya diresmikan untuk umum pada tanggal 10 November 2000 oleh mantan Presiden Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid yang pada masa itu menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Unruk daya tampung daripada masjid ini sendiri adalah dapat menampung sekitar 30.000 jama’ah.

 

Dipilihkan tanggal 10 November untuk sebagai hari peresmian, dikarenakan identitas hari jadi daripada Kota Surabaya  itu sendiri, sekaligus juga sama dengan peringatan Hari Pahlawan. Hal lain yang sama dengan tanggal peresmian Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) ini adalah sama dengan hari jadi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Para ahli arsitektur bangunan dan desain  masjid dari ITS juga turut andil dalam perancangan masjid nan megah ini.

 

Jika kita kaji dari bentuk fisik, luas bangunan dan fasilitas penunjang Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) adalah 22.300 meter persegi, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Bentuk atap dari Masjid Al Akbar Surabaya (MAS)  terdiri dari 1 kubah besar, dengan kemudian  didukung 4 kubah kecil yang berbentuk limasan serta memiliki 1 menara. Keunikan bentuk kubah Masjid Al Akbar Surabaya (MAS)  ini adalah  terletak pada bentuk kubahnya. Bentuk Kubah Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) ini hampir mirip dengan bentuk setengah telur dengan 1,5 layer, dengan  tinggi sekitar 27 meter.

Baca juga : Awal Mula Berdiri Masjid Di Kawasan Bintaro Jaya Sektor 5

Untuk menutup kubah, dipergunakan sebuah produk yang juga digunakan di beberapa masjid raya seperti Masjid Raya Selangor di Syah Alam (Malaysia). Hal lain yang menjadi pembeda atau ciri khas dari Masjid Al Akbar Surabaya (MAS)  ini adalah tampak dari pintu masuk ke dalam ruangan masjid tinggi dan besar dan mihrabnya adalah mihrab masjid terbesar di Indonesia.

 

Bagian khas masjid itu adalah atap yang terdiri dari sebuah kubah besar yang didukung empat kubah kecil berbentuk limasan. Kelima kubah ini menandakan angka lima yang identik dengan rukun Islam. Selain kubah, masjid itu juga dilengkapi sebuah menara setinggi 99 meter. Angka ini merepresentasikan 99 nama dari Allah SWT ( Asmaul Husna). Awalnya masjid itu akan dilengkapi tujuh menara. Namun karena terbentur krisis ekonomi pada 1997, hanya satu menara yang kini berdiri kokoh di sudut utara Masjid Al Akbar Surabaya (MAS).

 

CV Micro 2000 adalah Kontraktor Pekerjaan Kubah Masjid yang sudah teruji dan berpengalaman. Kami memilih specialis pembangunan Masjid khususnya Kubah Masjid dengan bahan panel, enamel. Silahkan hubungi kami:
Alamat : Jln Jeruk No 50 B, Wage – Sidoarjo
Tlp : 081 83 81 781
Contak Person : Ir. Faizal Muzamil