Masjid-Masjid Tua di Indonesia Dengan Bangunan Tradisional

Kubah Masjid – Diperkirakan ajaran agama Islam masuk ke Nusantara ini pada abad ke 11. Dan sejak dari itu kemudian agama Islam di  Nusantara semakin banyak diminati oleh rakyat Indonesia sehingga semakin banyaklah rakyat Indonesia yang menganut Agama Islam. Semakin berkembangnya agama Islam di Nusantara ini memacu semakin banyaknya bangunan Masjid yang ada di Negara Indonesia. Beberapa diantara masjid yang dibangun sejak awal masuknya Islam ke Indonesia sampai saat ini masih tetap eksis digunakan.

 

Nah diantara masjd-masjid yang sudah berdiri sejak dulu kala ini, kami pilihkan 10 masjid tertua di Indonesia dengan bangunan yang bergaya desain motif traditional, antara lain :

 

  1. Masjid Tua Al-Hilal Katangka

Masjid Tua Al-Hilal Katangka ini terletak di Katangka, Gowa, Sulawesi Selatan. Masjid ini berdiri pertama kali pada tahun 1603 yang di prakarsai oleh pemerintahan Raja Gowa XIV. Pemilihan nama Katangka untuk masjid ini terinspirasi dari sebuah nama pohon yang dahulunya banyak tumbuh disekitaran masjid ini.

 

  1. Masjid Tuo Kayu Jao

Selanjutnya sebuah masjid yang terletak di Jorong Kayu Jao di Nagari Batang Barus, Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat yang bernama Masjid Tuo Kayu Jao. Saat ini masjid ini masuk kedalam salah satu cagar budaya di Sumatera Barat.

 

Dari catatan sejarah yang ada, diketahui masjid ini berdiri pada tahun 1599. Desain bangunan masjid ini dipengaruhi kebudayaan asli letak keberadaan masjid ini, yakni bercorak bangunan khas Minangkabau.

 

  1. Masjid Mantingan

Kemudian ada sebuah Masjid yang dibangun pada tahun 1559 oleh Kesultanan Demak di daerah Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah yang kemudian diberi nama Masjid Mantingan.

 

  1. Masjid Agung Banten

Selanjutnya adalah Masjid Agung Banten namanya. Didirikan sejak tahun 1552 pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin. Dengan ciri khas memiliki atap yang bertumpuk lima seperti bangunan pagoda Tiongkok.

 

  1. Masjid Menara Kudus

Selanjutnya Masjid Menara Kudus yang di bangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549. Hal unik yang ada pada masjid ini adalah memiliki menara yang berbentuk candi. Bangunan pada masjid ini merupakan penggabungan budaya Islam dan Hindu.

 

  1. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid tertua lainnya terletak di Jalan Kuin Utara, Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Masjid ini didirikan oleh Raja Banjar Sultan Suriansyah pada tahun 1526. Beliau adalah Raja pertama yang memeluk agama Islam dari Kerajaan ini. Desain bangunan masjid ini dipengaruhi oleh budaya bangunan traditional Banjar yakni desain atap tumpang tindih.

Baca juga : Masjid Al Hidayah di Dusun Sidorejo

  1. Masjid Agung Demak

Kali ini kita bergeser ke Desa Kauman, Demak, Jawa tengah. Di Des aini juga ada terdapat sebuah masjid tua yang dibangun pada tahun 1474 oleh Raden Patah yakni Raja Pertama Kesultanan Demak.

 

Bangunan induk pada masjid ada terdapat empat tiang utama yang sering disebut dengan saka guru. Sedangkan untuk atap yang berbentuk limas pada masjid ini ditopang dengan delapan tiang penyangga atau sering disebut saka Majapahit.

 

  1. Masjid Sunan Ampel

Selanjutnya adalah Masjid Sunan Ampel yang terletak di Kelurahan Ampel, Kota Surabaya, Jawa Timur. Menurut sejarah yang ada masjid ini dibangun oleh Sunan Ampel pada 1421, dengan corak bangunan yang memadukan budaya China dan Arab.

 

  1. Masjid Wapauwe

Pada tahun 1414 ada sebuah masjid yang berdiri di di Kaitetu, Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku dengan nama Masjid Wapauwe. Masjid ini dibangun dengan menggunakan gaba-gaba (pelepah sagu yang dikeringkan) dan beratapkan daun rumbia.

 

  1. Masjid Saka Tunggal

Ini dia masjid tertua di Indonesia. Namanya Masjid Saka Tunggal. Lokasinya di Desa Cikakak, Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Nah ini adalah masjid paling tua yang ada di Indonesia. Sebuah masjid yang didirikan oleh Kyai Mustolih pada 1288. Yang terletak di Desa Cikakak, Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

 

Nah itulah sepuluh masjid tertua yang ada di Indonesia yang masih eksis digunakan hingga saat ini.

 

CV Micro 2000 adalah Kontraktor Pekerjaan Kubah Masjid yang sudah teruji dan berpengalaman. Kami memilih specialis pembangunan Masjid khususnya Kubah Masjid dengan bahan panel, enamel. Silahkan hubungi kami:

Alamat : Jln Jeruk No 50 B, Wage – Sidoarjo

Tlp : 081 83 81 781

Contak Person : Ir. Faizal Muzamil