Masjid Kubah Kuning Kebanggaan Kampus Universitas Islam Indonesia

Kubah Masjid –  Masjid Ulil Albab adalah nama yang dipilihkan kala itu untuk masjid yang berada di kampus terpadu terpadu Universitas Islam Indonesia, dengan lokasi tepatnya berada di Jalan Kaliurang Km. 14,4 Sleman, Jogjakarta. Untuk tanggal peresmian masjid ini adalah pada tanggal 17 Agustus 2001 dan bertepatan dengan hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Hal inilah yang menjadi dasar kenapa didirikan masjid ini dan diresmikan pada tanggal yang sama dengan kemerdekaan Republik Indonesia. Masjid Ulil Albab memiliki filosofi bahwa kita harus selalu bertafakur atas segala penciptaan Allah SWT dan tak lupa senantiasa berdzikir (mengingat Allah di manapun kita berada, hingga akhirnya kita terbentuk menjadi  sosok pribadi muslim yang memiliki IMTAK dan IPTEK serta rahmatan lil’alamin).

 

Untuk fisik bangunan Masjid Ulil Albab ini sangatlah artistic, megah, modern juga yang lain tak kalah penting adalah menjadi simbol kebanggaan seluruh civitas akademika Universitas Islam Indonesia. Yang sebenarnya sudah lama sekali mendambakan hadirnya bangunan ini di dalam kampus ini. Masjid ini bisa dijadikan wadah atau tempar untuk belajar ilmu agama maupun juga ilmu pengetahuan umum lainnya. Ya seperti nama masjid ini, itulah yang ingin ditanamkan atau menjadi filosofi Masjid Ulil Albab ini.

 

Sebagai masjid yang memiliki multi fungsi serta peranan yang cukup besar dalam menghadapi realita kehidupan kedepan, oleh karena itu dalam rangka memakmurkan syiar-syiar islam melalui masjid maka dibentuklah Takmir Masjid Ulil Albab yang perdana dengan tiga orang personil yang terdiri dari saudara Faturrahmi (MIPA 97 ), Rozi Gusman (Psikologi 96), dan Harum Murah Marpaung (Ekonomi 97) yang menjalankan fungsi ketakmiran sejak tanggal 1 Juni 2001. Ketiga personel inilah menjalankan fungsinya sebagai takmir selama kurang lebih 8 bulan, kemudian terhitung sejak 1 Februari 2002 takmir baru terbentuk. Secara struktural Takmir Masjid Ulil Albab di bawah Rektor Universitas Islam Indonesia selaku Penanggung jawab dan Badan Wakaf selaku Pelindung.

 

Masjid Ulil Albab memiliki  kubah besar berwarna kuning keemas an, hal yang menjadi daya tarik bagi para jamaah atau pengunjung masjid ini. Tak sedikit pula jamaah menjuluki masjid ini dengan sebutan sebagai Masjid Kubah Kuning. Secara sekilas jika kita lihat dari luar, bentuk bangunan Masjid Ulil Albab sepintas hampir mirip seperti Colosseum di Roma.

 

Bangunan Masjid Ulil Albab terdiri atas tiga lantai. Lantai pertama berfungsi sebagai auditorium- dinamakan Auditorium Kahar Mudzakir-lantai kedua untuk area shalat, dan lantai ketiga dimanfaatkan untuk ruang perkantoran.

Baca juga : Masjid At Ta’awuun Menggambarkan Indahnya Perpaduan Bangunan Dan Lingkungan

Sebagai masjid yang multifungsi serta berperan cukup besar dalam menghadapi realita kehidupan di masa depan, Masjid Ulil Albab membentuk karakter mahasiswa yang berakhjakul karimah, bermoral, dan berkemampuan akademis yang bernapaskan Islam.

 

Dalam rangka memakmurkan syiar- syiar Islam melalui keberadaan masjid, dibentuklah Takmir Masjid Ulil Albab di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) UII.

 

Visi Takmir Masjid Ulil Albab adalah mewujudkan Masjid Ulil Albab sebagai pusat kegiatan ibadah, dakwah, serta pembinaan internal dan eksternal kampus terpadu UII. Adapun misinya adalah menghadirkan masjid kampus yang bernuansa islami, menjalin hubungan dengan pihak lain menuju sinergi dakwah Islamiyyah di UII dan masyarakat luas, serta membangun sistem pembinaan umat yang mampu menghasilkan intelektual muslim berakhlakul karimah dan sanggup menghadapi tuntutan serta perkembangan zaman.

 

CV Micro 2000 adalah Kontraktor Pekerjaan Kubah Masjid yang sudah teruji dan berpengalaman. Kami memilih specialis pembangunan Masjid khususnya Kubah Masjid dengan bahan panel, enamel. Silahkan hubungi kami:
Alamat : Jln Jeruk No 50 B, Wage – Sidoarjo
Tlp : 081 83 81 781
Contak Person : Ir. Faizal Muzamil

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.