Masjid At Ta’awuun Menggambarkan Indahnya Perpaduan Bangunan Dan Lingkungan

Kubah Masjid –  Sepertinya diantara para sahabat Kubah Masjid pasti sudah tahu bahwa kawasan puncak Jawa Barat selalu menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Salah satunya ialah kawasan puncak Bogor, disana terdapat pegunungan – pegunungan hijau yang asri, sejuk dan indah. Juga dilengkapi dengan infrastrukstur yang lengkap. Akses jalan menuju puncak Bogor juga sangat baik, begitupun untuk tempat beristirahat atau villa, di puncak ini juga sangat memadai.

 

Di daerah kawasan ini ada dua buah landmark yakni Puncak Pass yang menjadi titik tertinggi di kawasan puncak dan Masjid Puncak Masjid Attaawun Bogor Jawa Barat, yang terletak menonjol di sebelah ujung perbukitan yang dulunya adalah kebun the.

 

Untuk bangunan Masjid Attaawun Bogor Jawa Barat, terbilang tidaklah begitu megah. Namum karena letaknya yang strategis di tengah – tengah pemandangan yang indah, terdapat juga taman serta kolam yang semakin membuat masjid ini menjadi sangat nyaman dan memberikan rasa tenang tersendiri jika kita berada di dalamnya. Semilir angin sejuk di puncak ini dapat menambah ketenangan jiwa bagi siapa saja yang datang ke Masjid Attaawun Bogor Jawa Barat ini.

 

Untuk tempat parkir di Masjid Attaawun Bogor Jawa Barat ada terdapat beberapa warung – warung kecil yang menyediakan makanan – makanan khas daerah puncak ini. Untuk mencapai Masjid Attaawun Bogor Jawa Barat kita perlu menaiki tangga, jika sudah sampai di atas kita akan disambut dua buah pintu masuk yang sama-sama dilengkapi area parkir yang memadai.

 

Ketika kita sudah sampai di bagian atas tangga, kita akan melihat jelas hamparan taman indah maha karya sang Pencipta yakni sebuah pemandangan perbukitan yang sangat menyegarkan dan menenangkan. Taman inilah yang menjadi area halaman daripada Masjid Attaawun Bogor Jawa Barat. Di dalamnya juga terdapat  kolam dangkal dengan air semata kaki yang melingkari bangunan masjid.

 

Tujuan dibuatkannya kola mini juga untuk tempat pembersihan kaki bagi para jamaah atau pengunjung di Masjid Attaawun Bogor Jawa Barat, sehingga kaki mereka otomatis terbasuh air dingin yang mengalir di kolam. Sebagaimana di Riwayatkan bahwa Islam itu suka akan kebersihan, itulah yang menjadi cikal bakal kenapa kolam ini dibuat.

 

Di belakang masjid terlihat sungai yang dibentuk menyerupai air terjun kecil. Sungai tersebut berasal dari mata air yang konon tidak pernah habis. Uniknya, saat musim kemarau air yang dihasilkan tetap banyak dan lebih jernih. Sungai ini jugalah yang mengaliri air ke kolam yang mengelilingi masjid.

 

Bangunan masjid juga tergolong unik dengan bentuk kubah yang menyerupai jamur. Di dalamnya, suasana alami langsung terasa karena penggunaan material kayu jati sebagai lantai masjid. Kayu tersebut dapat cepat menyesuaikan diri dengan suhu lingkungannya serta membuat ruangan menjadi sejuk namun tidak terlalu dingin.

Baca juga : Masjid Jami Keraton Sambas Dulunya Bekas Rumah Sultan

Teknis pemasangan lantai kayu tersebut pun cukup unik. Terdapat ruang kosong sedalam kurang lebih 50 cm di antara dasar tanah dan lantai kayu. Selain untuk menghindari kelembapan dan serangan rayap, leknik ini juga terbukti tepat untuk mencegah hawa dingin kawasan Puncak menembus ke dalam masjid.

 

Di bagian depan ruang utama terdapat mihrab yang juga terbuat dari kayu. Mihrab ini dihiasi dengan kaligrafi QS. At-Taubah: 3. Ruang utama sendiri terdiri dari dua lantai. Lantai atas digunakan khusus untuk wanita.

 

Masjid ini di beri nama Masjid Attaawun yang artinya adalah tolong-menolong, hal inilah yang menjadi dasar pemikiran pembangunan masjid ini. Yaitu dengan sistem gotong royong dalam pendanaannya. Kala itu Gubernur Jawa Barat dipimpin oleh R. Nuriana lah yang menjadi pelopor sistem pembangunan masjid dengan metode gotong royong  ini. Kala itu setiap kepala keluarga menyumbangkan Rp 50,- , hingga akhirnya terbangunlah masjid ini dengan dana gotong royong ini.

 

CV Micro 2000 adalah Kontraktor Pekerjaan Kubah Masjid yang sudah teruji dan berpengalaman. Kami memilih specialis pembangunan Masjid khususnya Kubah Masjid dengan bahan panel, enamel. Silahkan hubungi kami:
Alamat : Jln Jeruk No 50 B, Wage – Sidoarjo
Tlp : 081 83 81 781
Contak Person : Ir. Faizal Muzamil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.