Mesjid Raya Nan Cantik Di Tengah Kota Banjarmasin

Kubah Masjid – Bercerita tentang masjid ini akan membawa semangat dalam diri kita unutk bisa merasakan shalat disana. Ya tentu saja karena masjid ini merupakan mesjid terbesar di kota  Banjarmasin. Luas bangunan masjid ini pun terbilang sangat luas. Masjid Raya Sabilal Muhtadin itulah namanya, bangunan utama masjid ini sendiri memiliki luas ± 5250 M persegi dan di dalamnya terdiri dari dua lantai untuk melaksanakan ibadah. Biasanya daya tampung jamaah masjid ini adalah berkisar ± 7.500 jamaah dan juga  teras dan selasar masjid  bisa juga digunakan untuk menampung ± 7.000 jamaah. Masjid Raya Sabilal Muhtadin memiliki 1 menara besar yang memiliki  tinggi ± 45 meter serta 4 menara kecil masing-masing ± 21 meter.

 

Disekitaran masjid juga terdapat banyak pepohonan yang sangat rindah. Dan sering pula dijadikan spot spot foto bagi jamaah saat shalat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin ini. Tak sedikit juga dari masyarakat Banjarmasin menggunkan ruang taman hijau masjid sebagai tempat bersantai bersama keluarga, wadah untuk berolahraga dan juga tentu saja ya untuk melaksanakan shalat.

 

Kebersihan Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin ini juga selalu terjaga  dan ini jugalah yang membuat masyarkat nyaman untuk datang  beribadah, bersantai di masjid ini.

 

Jika kita lihat sekilas Masjid Raya Sabilal Muhtadin tersebut memiliki kemiripan dengan bangunan megah salah satu 7 keajaiban dunia yakni  Taj Maha. Tak heran masyarakat juga sering menyebut masjid ini dengan sebutan mini Taj Mahal, ya hal ini mungkin karena terdapat air mancur menari disisi halamannya. Walaupun tidak jalan di setiap waktu tapi air mancur tersebut bisa memberikan nuansa lain dari masjid pada umumnya. Masjid ini berada dekat sungai dan tepat disisi lain sungai tersebut ada menara pandang dan icon Banjarmasin yaitu Patung Bekantan.

 

Kalimantan Selatan meiliki penduduk yang mayoritas adalah memeluk agama Islam dan juga terkenal sebagai penganut agama Islam yang taat. Masyarakat Banjarmasin sudah memiliki keinginan mempunyai Masjid Raya  sejak lama.

Sedang Dalam Perjalananpun, Shalat Itu Wajib loh !

Untungnya banyak pemuka dan alim ulama serta masyarakat juga setuju akan hal ini. Hal ini pun menjadi cikal bakal berdirinya masjid raya dan megah ini. Rencana pembangunan masjid ini juga sempat mengalami kendala. Salah satu yang menjadi penunda terbangunnya masjid ini ialah tragedi G30S PKI dan banyaknya para pencetus berdirinya masjid dikalangan apartur negara yang mengalami mutasi jabatan.

 

Barulah kemudian pada tahun 1974, rencana pembangunan Masjid Raya dimulai kembali, oleh Bapak Gubernur Soebardjo yang menunjuk PT. Griya Cipta Sarana sebagai perencana dan PT. Barata Metelworles sebagai pelaksana pembangunan, dan pemancangan tiang pertama dilakukan Gubernur Soebardjo tanggal 10 Nopember 1974. untuk pertama, pada tanggal 31 Oktober 1979, Masjid Raya dipergunakan umat Islam untuk kegiatan Idul Adha 1344 H. Untuk pembangunan selanjutnya diperlukan dana yang besar, maka dibentuk panitia pengumpul dana dengan Ketua KH. Hasan Moegni Marwan dan Sekretaris H.M. Rafi’i Hamdie dan sejumlah tokoh masyarakat Banjarmasin.

Masjid Raya Sabilal Muhtadin ini juga memilik keberadaan Lembaga Pendidikan Islam yang mengasuh aktivitas pendidikan dari tingkat TK s/d SMU & SMK dan banyak mendapat apresiasi dari warga sekitar. Kelengkapan lain yang ada di masjid ini antara lain memiliki Perpustakaan Umum, Radio Dakwah Sabilal Muhtadin, Koperasi Karyawan, dan juga memiliki beberapa sarana Olahraga juga memiliki SPBU.

CV Micro 2000 adalah Kontraktor Pekerjaan Kubah Masjid yang sudah teruji dan berpengalaman. Kami memilih specialis pembangunan Masjid khususnya Kubah Masjid dengan bahan panel, enamel. Silahkan hubungi kami:
Alamat : Jln Jeruk No 50 B, Wage – Sidoarjo
Tlp : 081 83 81 781
Contak Person : Ir. Faizal Muzamil