Peninggalan Kesultanan Langkat, Begini Megahnya Masjid Azizi Dengan Kubah Hitam

KubahMasjid.com – Masjid Azizi merupakan salah satu bangunan peninggalan kesultanan Langkat di kota Tanjung pura, Sumatra Utara. Kota Tanjung Pura merupakan salah satu kota tempat tumbuh kembangnya kebudayaan Melayu, tidak heran jika salah satu bangunan bersejarah kesultanan Langkat ada di kota ini kecil ini. Masjid Azizi terletak di Jl. Masjid No.1, Pekan Tj. Pura, Tj. Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Masjid peninggalan kesultanan Langkat ini di bangun pada masa Pemerintahan Sultan Abdul Aziz Abdul Djalil Rahmatsyah yang merupakan sultan ke-2 kerajaan Langkat pada tahun 1893 hingga 1927 Masehi. Masjid Azizi ini mulai di buka untuk umum pada tanggal 13 Juni 1902 silam.

Bangunan masjid ini tampak begitu mencolok dan semarak. Memiliki bangunan masjid dengan kombinasi warna khas melayu yaitu warna kuning cerah dan hijau. Masjid Azizi ini semakin terlihat semarak dengan tambahan ornamen-ornamen khas melayu yang tersebar di beberapa sudut bagian bangunan masjid dalam bentuk ukiran.

Jika anda berkunjung ke masjid Azizi ini, maka anda akan melihat banyak pilar yang menyokong di dalam bangunan masjid. Pilar-pilar tersebut menambah kesemarakan di dalam masjid yang menghasilkan keindahan dan ke megahan pada bangunan masjid. Jika di hitung, jumlah pilar yang ada di dalam masjid ada sekitar 34 pilar. Sedangkan pilar yang berada di luar masjid ada sebanyak kurang lebih 94 pilar.

Bukan hanya pilar, keindahan di dalam masjid juga semakin terpancar dengan adanya tambahan lampu hias yang tergantung tepat di ruangan utama masjid. Lampu hias dengan ukuran yang cukup besar dengan bahan kuningan yang berukir berisikan 100 titik lampu yang menambah ke megahan dan ke indahan di dalam masjid.

Baca juga : Semarak Kilau Masjid Raya An-Nur, Masjid Pink Di Bintan Berkubah 9

Adapun mimbar masjid ini di buat dengan bahan kayu yang kuat dan kokoh yang di ukir dan dibuat bermotif flora membuat mimbar masjid tampak indah. Para khatib yang berkhotbah di mimbar tersebut seketika akan nampak menjadi lebih gagah dan berwibawa. Kemudian pada bagian dinding dalam dan luar juga di beri sentuhan ornamen bertuliskan kaligrasi Arab yang mencirikan bangunan masjid pada umumnya.

Layaknya bangunan masjid pada umumnya, masjid Azizi juga memiliki kubah yang berada di bagian atas bangunan masjid. Kubah pada masjid ini di balut dengan warna hitam. Kubah utama dengan ukuran yang cukup besar dan luas, serta beberapa kubah kecil yang berada di sekitaran kubah utama. Bukan hanya kubah, masjid ini juga memiliki menara yang kokoh dan menjulang tinggi. sama dengan bangunan  masjid, menara masjid ini di beri sentuhan kuning cerah dan list hijau warna khas melayu. Di puncak menara juga di beri 1 kubah yang memiliki warna yang sama dengan kubah utama.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai keunikan dan keindahan destinasi Wisata Religi Masjid Azizi di Kota Tanjung Pura, masjid peninggalan kesultanan langkat yang memiliki arsitektur bangunan khas Melayu dengan kubah berwarna hitam. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).