Di Bangun Oleh Raja Deli Ke-7, Masjid Al-Osmani Arsitektur Bangunan Khas Melayu

KubahMasjid.com – Tahukah anda bahwa ternyata masjid tertua yang ada di kota medan ternyata bukanlah Masjid Raya Al-Mashun melainkan Majid Al-Osmani. Jika selama ini kita berpendapat masjid Raya Al-Mashun adalah masjid tertua di kota Medan ternyata kita sudah keliru. Ternyata masjid Al-Osmanilah masjid dengan usia tertua dan merupakan masjid pertama yang ada di kota Medan.

Masjid Al-Osmani ini berlokasi di JL Kol Yos Sudarso, Km. 19, 5, Labuhan, Pekan Labuhan, Kec. Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara. Masjid ini juga kerap di sebut dengan masjid Labuhan karena lokasinya yang berada di kawasan Medan Labuhan. masjid ini juga menjadi salah satu ikon religi yang ada di kota Medan.

Masjid Al-Osmani ini di bangun pada 1854, sedangkan Masjid Raya Al-Mashun di bangun pada 1906. Menjadi masjid tertua di kota Medan, ternyata masjid Al-Osmani ini di bangun langsung oleh raja Deli ke 7 yaitu Sultan Osman Perkasa Alam.

Karena di bangun di kawasan Melayu dan di bangun langsung oleh Sultan ke 7 Deli, tidak heran jika masjid Al-Osman ini memiliki bangunan dengan arsitektur khas Melayu Deli. Ya benar, keseluruhan bangunan masjid ini di dominasi dengan warna kuning yang begitu cerah, dengan beberapa sentuhan list pada ornamen tertentu dan pilar berwarna hijau yang menjadi filosofi nilai keIslaman.

Bukan hanya warna, beberapa oramen dan bentuk bangunan juga mencirikan budaya Melayu. Tidak tanggung-tanggung, pembangunan masjid ini mengusung arsitektur bergaya dari beberapa budaya yakni Islam, Melayu, India, Spanyol, Cina dan Timur Tengah. Tidak heran jika masjid ini memiliki bentuk bangunan yang sangat memukau dan indah. Namun tetap yang paling mencolok adalah budaya Melayunya.

Baca juga : Peninggalan Kesultanan Langkat, Begini Megahnya Masjid Azizi Dengan Kubah Hitam

Memiliki bangunan layaknya masjid pada umumnya, masjid Al-Osmani dilengkapi dengan kubah pada bagian atap masjid. Kubah masjid ini di balut dengan warna hitam pekat. Kubah utama yang memiliki ukuran yang cukup besar dan luas berada tepat diatas bangunan utama masjid. Kemudian tampak pada bagian kanan dan kiri kubah utama terdapat kubah yang memiliki ukuran lebih kecil dari kubah utama yang juga di balut dengan warna hitam pekat.

Kemudian pada bagian depan masjid, tepat pada teras bagian pintu masuk terdapat 2 pilar yang di masing-masing puncak pilar tersebut juga terdapat kubah dengan ukuran yang sedikit lebih kecil lagi. Sama halnya dengan kubah utama, kubah kecil ini juga di balut dengan sentuhan warna hitam.

Pada keselurhan dinding masjid juga terdapat ornamen kaligrafi bertuliskan Arab yang sangat indah. Pada bagian kanan dan kiri mimbar masjid juga terdapat sebuah kaligrafi bertuliskan lafaz Allah dan Muhammad. Kaligrafi juga di beri sentuhan berwarna kuning ke emasan dengan paduan warna hijau. Sangat mencirikan budaya Melayu.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai keunikan dan keindahan destinasi Wisata Religi Masjid Al-Osman yang merupakan masjid tertua yang ada di Kota Medan dan di bangun langsung oleh raja Deli ke 7 dengan arsitektur khas budaya Melayu. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).