Masjid Raya Al-Munawwar, Masjid Apung Ternate Dengan Kubah Berornamen Kaligrafi Arab

KubahMasjid.com – Jika Makassar memiliki Masjid Amirul Mukminin yang di desain dengan desain terapung di pantai Losari Makassar, maka Ternate juga memiliki masjid Raya Al-Munawwar atau masjid apung Ternate Maluku Utara. Meskipun sama-sama memiliki desain yang mengapung di atas pantai, namun ke dua masjid ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat berbeda satu sama lainnya.

Masjid Amirul Mukminin Makassar memiliki desain yang sederhana dengan kubah ganda dan 2 menara menjulang tinggi pada bagian kanan dan kiri bangunan masjid. Sedangkan masjid Raya Al-Munawwar Ternate memiliki desain arsitektur yang begitu megah dan luas. Namun ke dua masjid ini sama-sama terlihat begitu indah dan mempesona terapung di atas pantai. Terlebih lagi si sore hari, pantulan bangunan masjid dari dalam air dan warna kemerahan dari cahaya matahari yang akan terbenam, membuat pemandangan di masjid ini semakin indah.

Masjid Raya Al-Munawwar ini berlokasi di Q9QR+M7P, Gamalama, Kota Ternate, Maluku Utara, tepatnya di kawasan Pantai Sewiring tepat di bibir pantai kota Ternate. Masjid ini di bangun pada tahun 2003 dan menghabiskan waktu sekitar 7 tahun untuk menyelesaikan pembangunan. Pada tahun 2010 masjid mulai di resmikan dan di buka untuk umum.

Masjid Raya Al-Munawwar di bangun di atas lahan seluas 6 hektar, dengan luas bangunan masjid 9.512 meter persegi. Dengan ukuran bangunan yang cukup luas, menjadikan masjid ini mampu menampung jamaah hingga 15.000 jamaah untuk beribadah.

Untuk arsitekturnya sendiri, masjid Raya Al-Munawwar ini menggunakan arsitektur bergaya khas Timur Tengah. Bangunan Timur Tengah cukup terlihat jelas pada bagian jendela dan pintu masjid yang berkuran besar serta ukiran-ukiran pada ornamen masjid. Karena memiliki bangunan yang cukup megah dan indah, mesjid ini di sebut-sebut telah menandingi keindahan dan kemegahan masjid apung di kota Jeddah Saudi Arabia.

Baca juga : Konsultasi Hingga Ke Jerman, Begini Megahnya Kubah Masjid Istqlal Jakarta

Masjid Raya Al-Munawwar di bangun dengan 4 buah menara yang kokoh dan mejulang tinggi hingga 44 meter. Memiliki bangunan masjid tepat di pinggir pantai membuat 2 diantara ke 4 menara masjid ini berada di atas permukaan laut. Sedangkan 2 menara lagi berada di atas permukaan tanah. Ke 4 menara ini melengkapi keindahan dan kemegahan masjid Raya Al-Munawwar.

Tidak kalah indah dari menara, kubah masjid Raya Al-Munawwar juga cukup indah. Memiliki bentuk setengah lingkaran yang di beri sentuhan ornamen kaligrasi bertuliskan Arab. Kemudian di padukan dengan warna hijau dan ke emasan, menjadikan kubah masjid ini begitu indah dan terlihat begitu megah. Total ada 5 buah kubah yang di miliki masjid Raya Al-Munawwar ini. satu kubah utama dengan ukuran yang besar di letakan tepat ditengah bagunan masjid. Dan ke 4 menara yang berkuran kecil di letakkan di punjak masing-masing menara.

Keseluruhan bangunan masjid berwarna dasar putih, dengan sentuhan warna hijau dan emas. Menyatu dengan warna biru dari air pantai menjadikan masjid tampak begitu sempurna.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai keunikan dan keindahan destinasi Wisata Religi Masjid Agung Raya Al-Munawwar, masjid apung di kota ternate. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).