Memiliki 7 Kubah Dan 5 Menara, Kemegahan Masjid Baiturrahman Saksi Bisu Tsunami Aceh

KubahMasjid.com – Masjid Baiturrahman Aceh merupakan masjid yang di bangun sejak masa kesultanan Aceh yang di dirikan oleh Sultan Alauddin Mahmud Syah I pada tahun 1292 Masehi. Masjid ini berlokasi di Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh. Masjid ini juga menjadi salah satu ikon kota Aceh khusunya untuk wisata religi.

Masjid Baiturrahman ini merupakan masjid peninggalan kerajaan Aceh yang menjadi simbol agama, budaya, serta perjuangan masyarakat Aceh. Masjid ini bukan hanya di jadikan sebagai tempat beribadah umat muslm ataupun kegiatan keagamaan lainnya, namun masjid Baiturrahman ini juga pernah di jadikan sebagai markas pertahanan terhadap serangan para penjajah.

Sedikit bercerita mengenai sejarah masjid Baiturrahman ini ternyata sempat terbakar pada masa pemerintahan Sultan Nurul Alam. Hal tersebut di karenakan lokasi berdirinya masjid ini sangat strategis, sehingga masjid sempat di bakar oleh Belanda pada 10 April 1873. Melihat rumah ibadahnya terbakar, tentu saja membuat masyarakat Aceh menjadi murka. Melihat kemurkaan masyarakat Aceh, Gubernur Jendral Van Lansberge menyatakan akan membangun kembali masjid tersebut di lokasi yang sama.

Peletakan batu pertama saat pembangunan ulag masjid Baiturrahman adalah pada tanggal 9 Oktober 1879, yang di lakukan oleh Tengku Qadhi Malikul Adil. Dari mulai peletakan batu pertama, maka masjid ini mulai rampung pada tanggal 27 September 1881. Peresmian masjid ini juga di lakukan pada tanggal 27 September 1881.

Awalnya masjid Baiturrahman ini hanya memiliki ukuran yang tidak begitu luas, dan hanya memiliki 1 buah kubah dan 1 menara. Namun, masjid ini kembali di lakukan renovasi setelah di terjang gempa dan tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 silam. Saat ini, masjid Baiturrahman memiliki bentuk bangunan yang lebih luas dan megah.

Baca juga : Menguak Keindahan Masjid Khalifah Bengkulu, Arsitektur Bangunan Dan Kubah Bergaya Modern

Total kubah dan menara yang di miliki masjid Baiturrahman tidak seutuhnya di tambah setelah terjadinya tsunami. Penambahan kubah dan menara di lakukan secara bertahap yakni pada tahun 1935, 1958, dan 1982. Dan saat ini masjid Baiturrahman memiliki 7 buah kubah dan 5 menara yang sangat indah dan megah.

Untuk gaya arsitekturnya sendiri, masjid ini mengusung gaya arsitektur Mughal, dan Indo-Saracenic. Bentuk bangunannya sendiri jika di lihat-lihat memiliki kemiripan dengan bentuk Taj Mahal yang ada di India. Ke 7 kubah pada masjid ini memiliki bentuk setengah lingkaran dengan balutan warna hitam pekat. Untuk bangunan masjidnya sendiri menggunakan dasar berwana putih. Sehingga bangunan masjid terlihat sangat anggun dan agung.

Yang menjadi daya tarik masjid ini yaitu masjid ini memiliki payung yang mirip dengan payung yang ada di masjid Nabawi Madinah. Payung tersebut terbentang di halaman masjid yang membuat pemandangan di halaman masjid menjadi semakin indah.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai keunikan dan keindahan destinasi Wisata Religi Masjid Baiturrahman Aceh yang memiliki 5 buah menara dan 7 buah kubah. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).