Konsultasi Hingga Ke Jerman, Begini Megahnya Kubah Masjid Istqlal Jakarta

KubahMasjid.com – Masjid Istiqlal Jakarta merupakan masjid Nasional Negara Republik Indonesia. Masjid ini terletak di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Masjid ini memiliki bentuk bangunan dengan arsitektur yang sangat megah dan indah. Bergaya arsitektur Internasional – New Formalism. Masjid ini di resmikan dan di buka untuk umum pada tanggal 22 Februari 1978. Tidak tanggung-tanggung, untuk pembangunan masjid Istiqlal ini melakukan konsultasi hingga ke Jerman dan di rancang langsung oleh arsitek Friedrich Silaban.

Friedrich Silaban adalah seorang arsitek generasi pertama di Indonesia. Beliau di beri kesempatan untuk merancangcang langit-lagit dan kubah masjid Istiqlal. Friderich Silaban langsung menggunakan kesempatan tersebut untuk mengoreksi geometri kubah yang ternyata tidak setengah bola sempurna. Kemudian Friedrich Silaban dalam pembangunan kubah masjid Istiqlal menggunakan struktur polyhedron. Struktur polyhedron sendiri, dulunya adalah struktur yang hanya bisa di gunakan dan di lakukan oleh negara-negara maju.

Masjid Istiqlal di rancang dengan bentuk kubah yang sangat megah nan indah. Kubah masjid memiliki bentuk kubah pada umumnya yaitu setengah lingkaran dengan diameter 45 meter. Dimana diameter kubah tersebut melambangkan tahun kemerdekaan Republik Indonesia yaitu tahun 1945.

Jika anda melihat ke dalam masjid, maka anda akan melihat bagian kubah di balut dnegan dominasi warna emas sehingga kubah terlihat sangat megah bila di lihat dari dalam masjid. Kemudian di sekeliling kubah juga di beri sentuhan ukiran kaligrafi bertuliskan Arab yang membuat kubah menjadi semakin indah. Di kalangan jamaah asing yang berkunjung ke masjid Istiqlal, kubah masjid ini di sebut dengan Silaban Dome.

Baca juga : Memiliki 7 Kubah Dan 5 Menara, Kemegahan Masjid Baiturrahman Saksi Bisu Tsunami Aceh

Bila di lihat dari luar, memang kubah sengaja di buat dengan desain yang begitu sederhana tanpa ada penambahan ornamen-ornamen pendukung lainnya. Kubah tersebut hanya seperti pelengkap di antara bangunan-bangunan yang megah. Bahkan kubah terlihat menyatu dengan bangunan masjid yang di desain bergaya modern.

Dalam perancanganya, Fridrich Silaban menggunakan aliran rasionalist untuk pembangunan kubah masjid Istiqlal. Fridrich Silaban menggabungkan bentuk kubah bergaya klasik dengan teknologi dan material yang baru. Adapun aliran rasionalist adalah  aliran arsitektur modern yang menggabungkan konsep dan pola arsitektur klasik dengan metode konstruksi dari jaman revolusi industri.

Bila anda berkunjung ke masjid Istiqlal, maka di dalam masjid anda akan melihat pilar-pilar yang berdiri tegak dengan kokohnya mengelilingi bagian dalam kubah masjid. Pilar tersebut seakan sebagai penjaga kubah. Kehadiran pilar-pilar tersebut menambah ke indahan di dalam ruanga masjid. Perpaduan ornamen pada kubah dan menara serta langit-langit masjid menghasilkan pemandangan yang sangat anggun dan indah di dalam ruangan masjid Istiglal. Menjadikan jamaah merasa nyaman saat melakukan ibadah di dalam masjid dan enggan untuk beranjak pergi.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai keunikan dan keindahan destinasi Wisata Religi Masjid Istiqlal Jakarta yang memiliki struktur bangunan kubah yang begitu megah yang tidak tanggung-tanggung dalam pembangunanya sampai melakukan konsultasi hingga ke Jerman. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).