Makasaar, Kota Sejuta Masjid-Masjid Berkubah Unik Dan Indah

KubahMasjid.com – Makassar merupakan salah satu wilayah Indonesia bagian Timur yang merupakan kota metropolitan terbesar dengan penduduk mayoritas memeluk agama Islam. Hal inilah yang membuat kota Makassar menjadi salah satu kota yang memiliki bangunan masjid yang cukup banyak dengan beragam ke unikan dan ciri khas tersendiri.

Karena memiliki banyak bangunan masjid dengan bangunan yang unik dan berciri khas, menjadikan kota ini sebagai kota wisata religi. Bukan hanya di gunakan sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah shalat, masjid-masjid tersebut juga kerap di jadikan sebagai objek wisata bagi masyarakat setempat maupun masyarakat dari luar kota Makassar.

Bukan hanya memiliki bangunan masjid yang unik dan indah, masjjid-masjid di kota ini juga memiliki nilai sejarah tersendiri. Berikut ini beberapa masjid dengan arsitektur bangunan yang indah serta bentuk kubah yang unik dan megah yang ada di kota semarang.

Masjid Raya Makassar

Mari kita mulai dengan masjid Raya Makassar, masjid ini terletak di Gaddong, Jl. Masjid Raya, Bontoala, Kec. Bontoala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid ini di bangun pada tahun 1948, kemudian banyak melakukan renovasi hingga tahun 2005. Masjid Raya Makassar ini memiliki bangunan yang cukup luas, hingga mampu menampung sekitar 10.000 jamaah.

Untuk arsitektur bangunan Masjid Raya Makassar ini berarsitektur Islam khas Timur Tengah. Memiliki kubah berbentuk setengah lingkaran, dengan kubah utama yang terletak di tengah atap bangunan masjid dengan ukuran yang cukup besar sehingga bisa di lihat dari kejauhan.

Baca juga : Masjid Agung Demak Berkubah Tumpang Tiga Yang Memiliki Makna Mendalam

Masjid Amirul Mukminin

Masjid unik yang di miliki kota Makassar selanjutnya adalah Masjid Amirul Mukminin. Salah satu masjid yang terletak di pantai Losari. Masjid ini di desain dengan gaya terapung di atas pantai Losari Makassar.

Untuk arsitekturnya sendiri, masjid apung ini memiliki 3 lantai dimana lantai dasar digunakan untuk jamaah laki-laki, lantai ke dua untuk jamaah perempuan, dan lantai tiga di gunakan untuk jamaah yang hendak melakukan ibadah shalat sunnah. Memiliki 2 kubah yang di sebut dengan kubah ganda, serta memiliki 2 buah menara yang terletak di kanan dan kiri bangunan masjid.

Masjid 99 Kubah

Sesuai dengan namanya, masjid ini memiliki 99 buah kubah yang tersusun mengelilingi bangunan masjid. Ke 99 kubah ini memiliki filosofi yaitu 99 asmaul husna atau nama-nama Allah SAW. Masjid ini juga terletak di pinggiran pantai Losari kota Makassar. Memiliki warna yang dominan orange sehingga masjid akan sangat indah apalagi bila di lihat saat matahari terbenam.

Masjid 99 kubah ini merupakan masjid hasil rancangan Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D, atau yang akrab di sebut dengan kang Emil yang merupakan Gubernur Jawa Barat. Sebelum menjabat sebagai Gubernur dan terjun ke dunia politik, kang Emil memang merupakan seorang arsitek yang tidak perlu di ragukan lagi hasil karyanya.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai keunikan dan keindahan destinasi Wisata Religi Masjid yang ada di kota Makassar. Jika anda berencana melakukan wisata religi maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke kota Makassar. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).