Masjid Asasi, Berkubah Limas Susun Dengan Arsitektur Bangunan 3 Budaya

KubahMasjid.com – Masjid Asasi merupakan salah satu masjid yang terletak di kota Padang Panjang, Sumatra Barat. Tepatnya yaitu di Jl. Syech Ibrahim Musa No.40, Sigando, Padang Panjang Tim, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Kota Padang Panjang ini merupakan wilayah yang memiliki sejarah panjang. Khusunya sejarah dalam hal dakwah dan pengembangan ajaran agama Islam. Jika anda berkunjung ke kota Padang Panjang maka anda akan melihat ada banyak pesantren dan masjid yang berdiri di kota itu. Salah satu masjid yang cukup terkenal yang ada di kota tersebut adalah masjid Asasi.

Masjid ini di perkirakan telah berdiri sejak abad ke 18 Masehi, atau sekitar tahun 1.685 Masehi. Masjid Asasi ini juga di telah tercatat sebagai masjid tertua di urutan ke dua yang ada di Indonesia. Mengigat masjid tertua pertama adalah masjid Saka Tunggal yang ada di Banyumas yang di perkirakan di bangun sejak tahun 1.200 Masehi.

Arsitektur yang di miliki bangunan masjid Asasi ini juga terbilang cukup unik. Keunikan tersebut dapat di lihat dari penggabungan 3 budaya dalam satu bangunan. Ke tiga budaya tersebut adalah budaya Hindu, China dan Minangkabau.

Jika di lihat secara sekilas, masjid Asasi ini memiliki atap yang berbentuk mirip dengan atap pada masjid Agung Demak. Iya, masjid Asasi ini memiliki atap berbentuk limas yang terdiri dari tiga tingkat, atap limas tersebut merupakan kubah pada masjid ini. Masjid ini memiliki bangunan utama yang cukup luas dan di beri jendela berukuran besar dengan model daun jendela yang terbuka lebar sehingga di dalam masjid akan sangat sejuk karena hembusan angin yang masuk melalui jendela.

Bangunan masjid Asasi ini di balut dengan ukiran khas rumah adat Sumatra Barat. Bila di lihat masjid Asasi ini juga memiliki bangunan utama yang mirip dengan rumah gadang. Seluruh bagian bangunan  masjid ini terbuat dari bahan kayu. Walaupun menggunakan bahan kayu, masjid ini tetap terlihat kokoh dan megah. Untuk bagian atap masjid juga hanya menggunakan bahan seng.

Baca juga : Masjid Amirul Mukminin, Masjid Apung Berkubah Ganda Di Pantai Losari Makassar

Jika anda memasuki ruangan masjid Asasi ini maka anda akan melihat lantai dan tiang masjid yang juga terbuat dari kayu asli yang sampai saat ini masih sangat kokoh. Di bigian sisi masjid juga terdapat sebuah bangunan yang berukuran lebih kecil dari bangunan utama, dimana bangunan tersebut di fungsikan sebagai teras masjid. Teras masjid ini di gunakan sebagai tempat untuk menaruh beduk.

Di bagian bangunan masjid juga ada sebuah gapura yang menjadi pintu gerbang pada masjid. Di tas gapura bertuliskan nama masjid Asasi serta memiliki 3 buah kubah yang berbentuk seperti kubah pada umumnya.

Ada yang unik dalam pembangunan masjid ini, yaitu masjid ini merupakan pusat aktivitas Islam dari empat nagari. Maksudnya yaitu, pembangunan masjid Asasi ini di dasari atas gagasan empat nagari yaitu gunung, peninjauan, tambangan, dan jawo. Masjid Asasi ini di bangun di atas lahan persawahan yang merupakan lahan hibahan dari masyarakat setempat.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai keunikan dan keindahan destinasi Wisata Religi Masjid Asasi yang ada di kota Padang Panjang Sumatra Barat. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).