Uniknya Masjid Al-Irsyad, Masjid Kubus Tanpa Kubah Di Padalarang

KubahMasjid.com – Masjid Al-Irsyad adalah salah satu bangunan hasil rancangan Bapak Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D, atau yang akrab di sapa dengan Ridwan kamil yang saat ini merupakan Gubernur Jawa Barat. Sebelum terjun ke dunia politik, beliau merupakan seorang arsitek, tidak heran jika banyak bangunan di Indonesia yang di rancang oleh beliau. Hasil rancangan laki-laki yang akrab di panggil dengan Kang Emil ini tidak peru di ragukan lagi, bangunan rancangan beliau selalu memiliki keunikan tersendiri seperti bangunan Masjid Al-Irsyad yang ada di padalarang ini.

Masjid Al-Irsyad terletak di Jl. Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan, Cipeundeuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 1.871 meter persegi. Di bangun pada tahun 2009 dan mulai rampung di tahun 2010. Kemudian masjid Al-Irsyad mulai di resmikan dan di buka untuk umum pada tanggal 17 Ramadhan 1431 Hijriah, yaitu tanggal 27 Agustus 2010 silam. Memiliki luas bangunan yang terbilang cukup luas, membuat masjid Al-Irsyad ini mampu menampung hingga 1.500 jamaah untuk beribadah.

Untuk arsitektur bangunannya sendiri, masjid Al-Irsyad ini terbilang cukup unik dan sangat berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya. Masjid ini memiliki bentuk berbentuk kubus dengan ukuran yang cukup besar. Bentuk kubus ini ternyata terinspirasi dari bentuk ka’bah yang ada di mekkah dan juga terinspirasi dari bentuk Masjidil Haram. Dinding pada masjid ini juga terbilang cukup unik, yaitu hanya tersusun dari bata berongga yang membentuk lafaz dua kalimat syahadat.

Karena memiliki dinding yang berongga, mejadikan masjid ini sangat sejuk bila kita berada di dalam ruangan masjid. Masjid Al-Irsyad memiliki dasar warna abu-abu dengan susunan bata keseluruhan pada dinding masjid. Kemudian pada pola yang membentuk tulisan dua kalimat syahadat di beri sentuhan warna hitam. Lafaz dua kalimat syahadat tersebut akan sangat jelas terlihat bila di lihat dari jarak yang sedikit lebih jauh dari bangunan masjid. Untuk bagian mimbarnya sendiri juga sengaja di desain terbuka sehingga cahaya matahari akan full masuk ke dalam ruangan masjid.

Baca juga : As-Salam, Bangunan Masjid Dari Indonesia Untuk Afghanistan Dengan Kubah Minimalis

Tidak seperti bangunan masjid pada umumnya yang memiliki kubah pada bagian atas masjid, masjid Al-Irsyad justru tidak memiliki kubah sama sekali. Masjid ini benar-benar berbentuk kubus total tanpa ada tambahan ornamen lainnya.

Kubah memang bukanlah warisan dari budaya Islam, dan tidak mewajibkan bangunan masjid memiliki sebuah kubah. Namun saat ini bangunan masjid banyak yang menggunakan kubah dan menjadikan kubah seperti ciri khas dari bangunan masjid. Walaupun tanpa adanya kubah, masjid Al-Irsyad tetap ramai di kunjungi para jamaah yang hendak melakukan ibadah shalat. Tidak jarang para jamaah berlama-lama di dalam masjid karena memang masjid memiliki tempat yang sangat nyaman dan sejuk.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai keunikan dan keindahan destinasi Wisata Religi Masjid Al-Irsyad Karya Kang Emil. Masjid berbentuk kubus yang terinspirasi dari bangunan ka’bah dan masjid yang di dindingnya membentuk pola lafaz dua kalimat syahadat serta merupakan salah satu masjid yang tidak memiliki kubah. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).