Masjid Amirul Mukminin, Masjid Apung Berkubah Ganda Di Pantai Losari Makassar

KubahMasjid.com – Makassar merupakan salah satu kota dengan bangunan masjid yang unik-unik, megah dan indah. Bukan hanya masjid 99 kubah, makassar juga memiliki masjid apung yang berada di pantai Losari. Masjid tersebut adalah masjid Amirul Mukminin. Masjid ini berdiri di Jalan Penghibur No.289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Bentuk bangunan masjid yang unik menjadi ciri khas dari bangunan masjid tersebut.

Masjid Amirul Mukminin merupakan masjid yang menggunakan konsep terapung di Timur laut pantai Losari. Masjid ini juga menjadi masjid pertama yang menggunakan konsep terapung. Fungsi utama masjid ini tidak lain adalah sebagai tempat untuk melakukan ibadah shalat bagi umat Islam. Namun karena memiliki bentuk bangunan yang unik dan indah, serta konsep yang terbilang cukup jarang, membuat masjid ini banyak di kunjungi dan menjadi salah satu tujuan wisata religi di kotanya. Dari masjid ini anda juga bisa menikmati keindahan sekitaran pantai Losari.

Masjid Amirul Mukminin mulai di bangun pada tahun 2009 dan mulai di resmikan serta di buka untuk umum pada tahun 2012. Adapun yang meresmikan masjid ini ialah bapak H.M Jusuf Kalla yang pada saat itu sedang menjabat sebagai wakil Presiden Republik Indonesia dan juga merupakan ketua dewan masjid Indonesia.

Masjid Amirul Mukminin ini di bangun dengan mengusung konsep modern yang di dominasi dengan perpaduan warna dasar abu-abu dan putih. Warna tersebut bercampung dengan sentuhan warna pantai yang menjadikan Masjid Amirul Mukminin ini semakin indah untuk di pandang mata.

Baca juga : Uniknya Masjid Al-Irsyad, Masjid Kubus Tanpa Kubah Di Padalarang

Masjid Amirul Mukminin ini di bangun di atas tumpukan beton yang di tanam ke dasar pantai sebagai pondasi bangunan masjid. Masjid ini di desain dengan konsep rmah panggung yang menjadi rumah tradisional suku Bugis dan Makassar. Konsep ini bermaksudkan agar meskipun memiliki bentuk bangunan yang modrn namun tetap tidak meninggalkan ciri khas budaya suku setempat.

Sama halnya dengan banguna masjid pada umumnya, masjid ini juga memiliki kubah yang berdiri kokoh dan indah di atas bangunan masjid. Kubah yang di miliki masjid ini terdiri dari 2 kubah, itulah sebabnya masjid ini di sebut dengan masjid berkubah ganda. Tidak kalah indah dari pesona pantai Losari, kubah masjid ini juga cukup indah karena di lengkapi dengan ukiran mozaik yang khas. Pemakaian gradisi biru membuat masjid ini terlihat mengkilat dan juga tampak menawan.

Bukan hanya kubah, Masjid Amirul Mukminin juga memiliki 2 buah menara yang berdiri kokoh di samping kanan dan kiri bangunan masjid. Menara yang mejulang tinggi seakan menyentuh langit ini semakin menambah ke indahan dari Masjid Amirul Mukminin. Ketika anda berkunjung ke masjid ini, maka anda akan meihat 5 pilar yang berdiri tegak di depan masjid yang menjadi aksen utama masjid ini. 5 pilar pada Masjid Amirul Mukminin memiliki filosofi yakni 5 waktu shalat fardhu dalam sehari.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai keunikan dan keindahan destinasi Wisata Religi Masjid Amirul Mukminin, masjid terapung pertama di Indonesia yang memiliki kubah ganda. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).