As-Salam, Bangunan Masjid Dari Indonesia Untuk Afghanistan Dengan Kubah Minimalis

KubahMasjid.com – Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia belum mengetahui bahwa Pemerintahan Indonesia pernah membangun sebuah masjid untuk Afghanistan. Masjid Tersebut di beri nama dengan Masjid As-Salam. Masjid ini berlokasi di kawasan Indonesian Islamic Center (ICC) tepatnya di daerah Ahmad Shah Baba Mina. Di beri nama Masjid As-Salam yang mana artinya adalah Perdamaian. Menyimbulkan kedamaian antar negara Indonesia dengan Afghanistan.

Pembangunan masjid As-Salam ini di dasari atas kerjasama KBRI Kabul dengan NECDO (Noor Educational and Development Organization). Adapaun pembangunan ICC sendiri mulai di rencanakan sejak tahun 2010 dalam pertemuan antara Richard Holbrooke yang merupakan utusan dari Presiden Barrack Obama dengan Prof. Dr. H. Boediono, B.Sc., M.Ec yang saat itu sedang menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

Kemudian pada tahun 2011, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang kala itu sedang menjabat sebagai Presiden Indonesia menyatakan komitmen untuk membangun sebuah masjid di kawasan ICC. Bukan hanya masjid, beliau juga berkomitmen untuk membangun Poliklinik, Guest House, dan juga sebuah perpustakaan di Afghanistan.

Mendengar niat baik Pemerintahan Indonesia, maka Pemerintahan Afghanistan menyambut baik rencana tersebut dengan memberikan lahan seluas 10.000 meter persegi untuk membangun ICC. Pembangunan ICC ini memiliki visi untuk mendorong penyebaran agama Islam yang Rahmatan Lil Amin. Bukan hanya itu, pembangunan ICC ini juga untuk mendorong munculnya rekonsiliasi perdamaian di Afghanistan melalui jalur diplomasi.

Masjid As-Salam ini merupakan bangunan pertama yang di selesaikan dari pengembangan kawasan ICC. Masjid ini memiliki bangunan yang cukup luas yang bisa menampung sekitar 2.500 jamaah untuk beribadah. Bukan hanya di jadikan tempat untuk melakukan ibadah, masjid ini juga memiliki fungsi lain yakni sebagai Madrasah. Madrasah ini di gunakan sebagai tempat belajar ilmu agama Islam bagi anak-anak di sekitaran masjid As-Salam.

Baca juga : Masjid Agung Wahyu Al-Hadi, Masjid Terbesar Di Kabupaten Kotawaringin Timur

Dalam pembangunan masjid As-Salam ini, Indonesia mengalokasikan dana sekitar 4,5 Miliar Rupiah. Masjid yang di bangun juga cukup indah. Memiliki bangunan bergaya arsitektur khas Afghanistan. Masjid As-Salam ini memiliki bentuk bangunan yang terbilang simpel, berbentuk seperti lingkaran. Masjid ini di beri sentuhan warna hijau dan list putih pada bagian pintu dan jendela masjid. Warna hijau pada bangunan masjid semakin melambangkan kedamaian bagi siapa pun yang melihatnya.

Masjid As-Salam memiliki satu buah kubah pada bagian atas bangunan masjid. Kubah menjadi ciri khas dari bangunan masjid. Kubah pada masjid As-Salam ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Meskipun memiliki ukuran yang tidak besar namun masjid ini tetap terlihat indah dan megah.

Selayaknya bangunan masjid pada umumnya, masjid As-Salam juga memiliki satu buah menara yang berada di bagian sisi bangunan masjid. Menara masjid ini juga memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi namun tetap terlihat kokoh dan indah.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai keunikan dan keindahan destinasi Wisata Religi Masjid As-Salam yang merupakan bangunan masjid yang di berikan Indonesia untuk Afghanistan sebagai bentuk kedamaian antar negara. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).