Masjid Safinatun Najah, Masjid Kapal Dengan Kubah Mungil Di Semarang

KubahMasjid.com – Semarang merupakan kota dengan beragam keunikan. Kota ini juga memimiliki sebuah masjid yang di desain dengan sangat unik dan berbeda dari masjid-masjid pada umumnya. Masjid tersebut adalah Masjid Safinatun Najah atau yang akrab di sebut dengan masjid kapal Semarang.

Masjid kapal Semarang ini berlokasi di antara perbatasan Semarang dan Kendal. Tepatnya yaitu di Jalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Masjid kapal ini di bangun di atas lahan luas berwarna hijau yang berbatasan langsung dengan area persawahan sehingga kesan dan nuansa damai sangat terasa jika berada di dalam masjid ini.

Konon, masjid ini terinspirasi dari kapal Nabi Nuh AS, itulah sebabnya mengapa masjid Safinatun Najah ini memiliki bentuk bangunan yang mirip sekali dengan bentuk kapal. Tidak heran jika masjid Safinatun Najah ini di juluki sebagai masjid kapal.

Jika kita lihat dari atas, bangunan masjid Safinatun Najah ini memang menyerupai bahtera kapal. Bagian bawah bangunan masjid sebenarnya merupakan bangunan tembok yang dengan sengaja di lukis menyerupai bentuk kayu dengan sentuhan tambahan cat berwarna coklat semakin menambah kesan kayu layaknya kapal. Desain kapal semakin realistis karena di lengkapi dengan jendela yang berbentuk lingkaran layaknya jendela pada kapal.

Pada bagian atas bangunan masjid, terdapat satu desain bangunan yang di buat menyerupai anjungan utama atau kabin untuk awak kapal. Memiliki ukuran bangunan masjid yang terbilang cukup luas, menjadikan bagian atas masjid ini terlihat plong dan luas pada bagian sisi kanan dan kirinya. Kemudian pada bagian tengahnya, terdapat sebuah kubah yang bila di lihat memiliki ukuran yang tidak terlalu besar bila di bandingkan dengan ukuran badan masjid.

Baca juga : Masjid Al-Bahar Bangkalan, Masjid Dengan Menara dan Kubah Megah Nan Indah

Kubah masjid kapal ini memiliki bentuk yang umum layaknya sebuah kubah masjid. Kubah berwarna hijau ini akan sangat terlihat jelas bila di lihat dari atas, namun kuah tidak akan terlihat sama sekali bila di lihat dari bagian bawah bangunan masjid. Kubahpada masjid ini sengaja di buat sebagai penanda bahwa bangunan yang menyerupai kapal ini sebenarnya adalah sebuah masjid untuk beribadah umat muslim.

Tidak habis sampai pada bangunan masjid saja, di halaman masjid juga di buat sebuah kolah ikan yang memiliki ukuran lumayan besar. Kehadiran kolam yang berisi air ini membuat seakan masjid kapal sedang berlayar di lautan. Sangat unik bukan!

Bangunan masjid kapal ini memiliki 3 lantai. Lantai pertama di gunakan sebagai aula masjid. Lantai ke dua di gunakan sebagai tempat untuk melakukan ibadah shalat, dan lantai ke 3 di pergunakan sebagai perpustakaan. Pada aula masjid biasa di gunakan sebagai tempat untuk melangsungkan acara-acara islami. Dan perpustakaan sering di kunjungi para jamaah yang telah selesai melakukan ibadah shalat.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai keunikan dan keindahan destinasi Wisata Religi Masjid Safinatun Najah atau masjid Kapal yang menyerupai kapal Nabi Nuh. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).