Penuh Makna, Berikut Fungsi Dari Kubah Pada Bangunan Masjid

KubahMasjid.com – Kubah memang bukanlah warisan budaya Islam, namun saat ini kubah telah menjadi salah satu ciri khas dari bangunan masjid. Hal tersebut di karenakan banyaknya bangunan masjid di seluruh penjuru dunia yang menggunakan kubah sabagai salah satu struktur bangunannya.

Kubah memiliki bentuk yang beragam. Setiap daerah juga memiliki bentuk kubah yang unik yang di dasari dari adat budaya yang ada di daerah tersebut. Namun pada umumnya kubah memiliki bentuk setengah lingkarang, kubah bentuk ini identik dengan kubah bergaya Timur tengah. Seiring berjalannya sang waktu, kubah memiliki banyak bentuk yang kerap menyerupai suatu objek seperti piringan besar, kerucut, maupun menyerupai bentuk bawang.

Bukan tanpa makna, ternyata kubah memiliki fungsi tersendiri pada bangunan masjid. Berikut beberapa fungsi kubah pada masjid.

Lambang Keindahan

Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat muslim, oleh sebab itu tidak ada salahnya membangun masjid dengan bentuk bangunan yang indah dan megah. Keindahan pada bangunan masjid dapat di lihat jelas dari bentuk kubahnya. Kubah yang besar nan megah serta tambahan ornamen yang mendukung dan paduan warna yang serasi akan membuat bangunan masjid akan semakin indah. Salah satu fungsi dari kubah pada masjid adalah sebagai lambang keindahan dari masjid itu sendiri. Bahkan hampir setiap masjid menjadikan kubahnya sebagai salah satu focal point atau semacam bentuk yang menciri kan dari bangunan masjid tersebut.

Penentu Arah Kiblat

Kiblat merupakan suatu arah yang di tuju umat Islam dalam melakukan ibadah Shalat. Arah Kiblat sendiri mengarah kepada bangunan Ka’bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Nah, kubah pada bangunan masjid ternyata memiliki fungsi seagai penentu arah kiblat loh. Biasanya, para arsitek pembuat kubah akan menempatkan kubah sedemikian rupa agar mengarah ke arah kiblat. Dengan begitu maka akan memudahkan seseorang ketika hendak melihat ke mana arah kiblat ketika hendak melakukan ibadah shalat hanya dengan melihat bentuk kubahnya.

Baca juga : Sejarah Kubah Masjid, Apakah Warisan Agama Islam?

Sebagai Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Selain menjadi lambang keindahan serta penentu arah kiblat, kubah juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai pencahayaan di dalam ruangan masjid. Hal ini di karenakan kubah masjid telah di lengkapi dnegan reflektor cahaya pada bagian dalam kubah, sehingga pencahayaan di dalam ruangan masjid akan sangat jelas.

Bukan hanya itu, kubah juga berfungsi sebagai sirkulasi udara yang baik di dalam bangunan masjid. Semakin besar bentuk kubah masjid maka akan semakin baik pula sirkulasi udara di dalam masjid. Keadaan masjid yang sejuk akan membuat nyaman para jamaah yang sedang melakukan ibadah shalat di dalam masjid.

Mempermudah Pencarian Masjid

Karena telah menjadi ciri khas dari bangunan masjid, maka dengan kehadiran kubah pada bangunan masjid akan memudahkan seseorang ketika sedang mencari dimana letak masjid. Semakin besar ukuran kubah pada masjid, maka akan semakin terlihat meski dari jarak yang jauh, sehingga akan mudah di lihat dari jauh dan memudahkan seseorang ketika sedang mencari masjid.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai fungsi dari bangunan kubah pada masjid. Sebagai Jasa Kontraktor Kubah Masjid, Spesialis Kubah Masjid Enamel, Produsen Kubah Masjid Panel, Kubah Warna Warni, CV. MICRO 2000 dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi Kubah artistik dengan berbagai Motif Kubah Masjid untuk Masjid kesayangan Anda. Harga Kubah Panel yang relatif murah khusus untuk Anda yang melakukan pemesanan kubah masjid Bulan ini, melalui HP : 081-83-81-781 (bisa via wa).