Mukjizat Program Subuh Berjamaah di masjid/mushala

Posted by

Rasulullah Saw bersabda, “Barang siapa yang shalat Shubuh berjamaah kemudian duduk berzikir sampai terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat (shalat Dhuha),

..maka baginya pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.” [Hadits Shahih, lihat kitab Shahihul Jami`, no. 4035]

Dalam keadaan perang, Rasulullah memulainyadari subuh.

Dengan demikian banyak daerah di Jazirah Arab yg semula dikuasai oleh pemimpin yg dhalim dan kafir dapat ditundukkan oleh keadilan Islam yg penuh rahmat dan kasih sayang.

Dalam keadaan keseharian di Madinah, Beliau saw mengadakan serangkaian kegiatan hingga waktu terbit matahari dengan dzikir pagi, ta’lim, ramah tamah

..dengan sahabatnya termasuk menanyakan yg tdk hadir di masjid, dsb.

Setelah itu mereka barulah pulang ke rumah masing-masing dg berbagai kegiatan infiradhi (pribadi masing-masing).

Marilah kita makmurkan masjid-masjid di negeri ini dg rangkain program subuh sebagaimana amalan masjid Nabawi pimpinan Rasulullah saw, yakni rangkaian kegiatan subuh sampai syuruq (terbit).

Waktu tsb dpt digunakan utk dzikr pagi, ta’lim, musyawarah harian dakwah Islamiyah.

Alhamdulillah, beberapa masjid di negeri ini telah mempraktekkannya, tak ketinggalan jamaah mushala kami juga telah merintis program tsb.

Dari pengamatan kami, masjid-masjid yg mempunyai rangkaian kegiatan subuh setiap hari menjadi relatif lebih makmur daripada lainnya.

Masyarakatnya mempunyai ghirah Islam yg lebih militan shg qadhiyatul-ummat (permasalahan ummmat) banyak dapat diatasi dengan bijak dan sebaik-baiknya.

Coba buktikan sendiri resep dari Rasul saw ini. Dan anda menyusulnya, kan? Tentu!!!

By Ahmad Sarwono Bin Zahir

Silahkan Comment disini